Menunggu sesaat..

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam menurut istilah dalam bahasa Islam Islam itu adalah mengimani Satu Tuhan adalah Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Islam sendiri memiliki arti penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan yaitu Allah dan pengikut ajaran Islam disebut muslimin yang berarti seseorang yang tunduk kepada Allah.
pendidikan agama islam
pendidikan agama islam ilustrasi (berdoa)

Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firmannya melalui para nabi dan rasul dan meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah nabi terakhir atau rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah SWT.

Menurut Zakiyah Dradjat bahwasannya pendidikan agama islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaramn islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan yang apada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan islam sebagai pandangan hidup.

Menurut aspek kebahasaan adalah menyelamatkan atau yang berarti semoga keselamatan selalu menyertai kalian semuanya atau yang bermakna telah selamat.
yang paling penting yaitu tentang seorang mulim dan islam.

Dari segi aspek kemanusiaan, islam adalah berarti penerimaan dari penyerahan diri kepada Tuhan YME. dan harus menunjukkan bahwa seorang manusia harus menyembah yaitu Tuhan YME.
menuruti semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya.

Terdapat luang lingkup dalam ajaran islam yaitu yang pertama adalah aqidah yang kedua adalah syariah. Aqidah merupakan bahasanya ikatan atau sangkutan. dan syariah merupakan arti bahasanya jalan, sedang arti istilahnya ialah peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tiga pihak Tuhan.

Menurut Para ahli yaitu Sahertian (2000 : 1) dalam pengertiannya  mengatakan bahwa pendidikan adalah "usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan."

Dasar dari islam artinya adalah percaya yaitu sama dengan kalimat syahadat yaitu "asyhu an-lla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullah" yang artinya adalah "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah"

Apa saja Rukun dalam Islam?

Islam menganut dan memegang lima rukun islam yaitu adalah sebuah pilar yang menyatukan muslimin. lima rukun tersebut adalah
1. mengucapkan syahadat yang syaratnya adalah meyakini bahwa yang hanya di sembah adalah Allah dan meyakini Nabi Muhammad adalah Utusan Allah.
2. Mendirikan sholat wajib yaitu lima kali sehari.
4. Berpuasa pada bulan yaitu bulan ramadhan
5. Menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu.


Apa saja Rukun Iman dalam Islam ?

rukun iman tersebut terdiri dari atas 6 perkara yaitu :
1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada malaikat Allah
3. Iman kepada Kitab Allāh (Al-Qur'an, Injil, Taurat, Zabur dan suhuf)
4. Iman kepada nabi dan rasul Allah
5. Iman kepada hari kiamat
6. Iman kepada qada dan qadar

Jadi pendidikan agama islam sejak dini sangat-sangat harus dimulai sejak lahir dan diajarkan sejak dini sehingga nantinya mampu menjadi seorang yang baik dan sebagai muslimin yang sejati.

Tujuan umum Pendidikan Agama Islam adalah untuk mencapai kualitas yang disebutkan oleh al-Qur'an dan hadits sedangkan fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa.

Pendidikan agama islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslimyang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tujuan khusus Pendidikan Agama adalah tujuan yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan jenjang pendidikan yang dilaluinya

Artikel diatas diatas tentang pendidikan agama islam beserta pengertian dan tujuan dari pendidikan agama islam membantu anda? Yuk berikan komentar positif di kolom komentar berikut ya :)

Mari bagikan artikel bermanfaat ini :
Title: Pendidikan Agama Islam
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author : Fendi Lukman
Link Title : Pendidikan Agama Islam

Pada tulisan Pendidikan Agama Islam , Anda harus menyetujui bahwa terdapat hak cipta dalam tulisan ini, yang tidak bisa di tulis kembali, jadi tolong hargai karya para ahli dalam membuatnya. Sepenuhnya sumber ini dikutip dari beberapa media di internet. Jika anda ingin menyebarluaskan boleh, asal tidak di copas ulang kedalam ( website/blog ), cukup hanya data berupa print-out saja atau pdf dengan menyertakan sumbernya.

Nih, ada yang menarik lainnya:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *