Thursday, 12 May 2011

Salep. Apa itu salep?

Salep adalah sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir (FI ed IV). Bahan obatnya larut atau terdispersi homogen dalam dasar salep yang cocok (FI ed III). Salep tidak boleh berbau tengik. Kecuali dinyatakan lain kadar bahan obat dalam salep yang mengandung obat keras atau narkotik adalah 10 % ( Anief, 2005).
Fungsi salep adalah :
a. Sebagai bahan pembawa substansi obat untuk pengobatan kulit
b. Sebagai bahan pelumas pada kulit
c. Sebagai pelindung untuk kulit yaitu mencegah kontak permukaan kulit dengan larutan berair dan rangsang kulit ( Anief, 2005). 

Kualitas dasar salep meliputi:

a. Stabil, selama masih dipakai mengobati. Maka salep harus bebas dari inkompatibilitas, stabil pada suhu kamar dan kelembaban yang ada dalam kamar.
b. Lunak, yaitu semua zat dalam keadaan halus dan seluruh produk menjadi lunak dan homogen. Sebab salep digunakan untuk kulit yang teriritasi,inflamasi dan ekskloriasi. 
c. Mudah dipakai, umumnya salep tipe emulsi adalah yang paling mudah dipakai dan dihilangkan dari kulit.
d. Dasar salep yang cocok yaitu dasar salep harus kompatibel secara fisika dan kimia dengan obat yang dikandungnya. Dasar salep tidak boleh merusak atau menghambat aksi terapi dari obat yang mampu melepas obatnya pada daerah yang diobati.
e. Terdistribusi merata, obat harus terdistribusi merata melalui dasar salep padat atau cair pada pengobatan (Anief, 2005).
Persyaratan salep menurut FI ed III
1. Pemerian
Tidak boleh berbau tengik
2. Kadar
Kecuali dinyatakan lain dan untuk salep yang mengandung obat keras atau narkotik, kadar bahan obat adalah 10 %.
3. Dasar salep
4. Homogenitas
Jika salep dioleskan pada sekeping kaca atau bahan transparan lain yang cocok, harus menunjukkan susunan yang homogen.
5. Penandaan
Pada etiket harus tertera “obat luar” (Syamsuni, 2005).

Monday, 2 May 2011

Osama Bin Laden Tewas

Detiknews.com 
Presiden AS Barack Obama telah memastikan kematian pemimpin jaringan Al Qaeda Osama bin Laden Tewas / Meninggal. Dalam pidatonya, Obama mengumumkan bahwa Osama tewas dalam operasi yang dilancarkan pasukan AS di Pakistan. Jasadnya telah ditemukan.

Dikatakan Obama, pasukan AS memimpin operasi yang menewaskan Osama di sebuah gedung di luar Islamabad, Pakistan.

"Malam ini, saya bisa melaporkan pada rakyat Amerika dan pada dunia bahwa AS telah melancarkan operasi yang menewaskan Osama bin Laden, pemimpin Al Qaeda," ujar Obama dalam pidatonya di Gedung Putih.

"Amerika Serikat telah melancarkan operasi yang menewaskan Osama bin Laden, pemimpin Al Qaeda dan teroris yang bertanggung jawab atas pembunuhan ribuan pria, wanita dan anak-anak," tutur Obama.

"Keadilan telah ditegakkan dengan pembunuhan bin Laden," imbuh Obama dalam pidatonya, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/5/2011).

Dalam pidatonya, Obama mengawalinya dengan menguraikan bagaimana Al Qaeda telah menyebabkan banyak warga AS tewas dan menimbulkan banyak kehancuran.

nama lengkap Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin sering dipanggil Osama Bin Laden
Info: Detiknews.com

Dampak Tewasnya Osama bin Laden

Pemimpin Jaringan Al Qaeda, Osama bin Laden Tewas di Pakistan. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme,   Ansyaad Mbai mengatakan meninggalnya Osama membawa pengaruh bagi Indonesia.

"Referensi mereka (para pelaku terorisme) untuk melakukan aksi teror pada dasarnya dari fatwa-fatwa  Osama," kata Ansyaad usai mengikuti rapat di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan, Senin 2 Mei 2011

Ansyaad mengatakan kematian Osama tidak secara otomatis akan menghentikan aksi teror yang terjadi. "Ya, kita lihat Pepi tidak langsung dengan Osama bin laden tapi bisa terjadi," kata dia

Mengantisipasi aksi teror balasan, Ansyaad mengatakan, pemerintah meningkatkan kewaspadaan terutama di tempat-tempat yang dimungkinkan menjadi target serangan.

Sayangnya Ansyaad enggan menyebut mana saja tempat yang bisa menjadi target. "Kalian sudah tau, lebih tahu dari saya," ucap Ansyaad.

Ansyaad mengatakan, tidak menutup kemungkinan terjadi aksi balas dendam setelah kematian Osama. "Untuk balas dendam aksi-aksi teror temanya balas dendam dari dulu," kata dia. Meski, sambung Ansyaad, aksi yang dilakukan tidak semata-mata terkait dengan Osama.

Dia menambahkan, meninggalnya Osama bukan berarti kewaspadaan berkurang. "Hidup atau mati Osama, tetap harus waspada," ujar Ansyaad. Menurut dia, kelompok teroris, tidak hanya menyasar 'Barat" akan tetapi kelompok mana saja yang dianggap menghambat pencapaian tujuan mereka. "Jangan bedakan barat dan domestik," ujarnya

Dia mencontohkan, sebelum Barat menjadi sasaran, NKRI menjadi sasaran termasuk Presiden SBY yang pernah menjadi sasaran teroris Jatiasih beberapa waktu lalu. "Mana saja yang mereka mungkin dan mampu untuk serang ya mereka serang," katanya.

Pemerintah, kata Ansyaad, telah mengantisipasi terkait kemungkinan aksi teror yang terjadi. "kemungkinan aksi teror tetap ada meski tidak berkaitan dengan Osama bin Laden," ucapnya.

Seperti yang diketahui, Osama tewas dalam operasi gabungan tentara Pakistan dan Amerika. Presiden Amerika, Barack Obama telah memastikan kematian Osama melalui jumpa pers yang digelat di gedung putih.


Info: http://nasional.vivanews.com/news/read/218020-dampak-tewasnya-osama-bagi-indonesia

Sunday, 1 May 2011

VW New Beetle Dirancang Desainer Indonesia

VW New Beetle

Berlin - Semua orang terkesima ketika sang legenda dilahirkan kembali. Ya, tiga tempat di dunia, yakni New York, Shanghai dan Berlin menjadi saksi kelahiran VW New Beetle yang eksotik. Tapi taukah anda siapa yang merancangnya? Orang Indonesia!

Adalah Chris Lesmana, yang membuat sketsanya selama hampir emapt tahun. Berawal dari impiannya akan sebuah konsep VW Beetle terbaru, dan kini impiannya tersebut menjadi kenyataan. New Beetle hidup kembali dan membuat pesona di tiga pelosok dunia.

Lesmana merancang Beetle terbaru ini bersama desainer eksterior VW, Frank Bruse. Keduanya memang dibesarkan di keluarga yang memiliki Beetle, jadi barangkali si 'kodok' sudah bukan barang yang aneh. MEreka hanya perlu mengimajinasikan Beetle dalam bentuk moderen.

"Tapi ini jauh lebih mirip dengan yang lama daripada Beetle baru. Namun, kami memang memutuskan untuk kembali ke tema awal," ujar Bruse.

Impian Lesmana akan sebuah Beetle ternyata disambut baik oleh sang bos VW Grup, Martin Winterkorn, dan segera memberikan lampu hijau untuk mjulai memproduksinya. "Rancangan itu begitu baik di awalnya, kami hampir tidak mengubahnya," tambah Bruse.

Bahkan, tanpa banyak berkomentar Volkswagen Head US, Jonathan Browning mengatakan, "Anda tidak mengubah mobil seperti itu hanya untuk iseng," ujarnya menilai hasil rancangan Lesmana.

Apa yang telah dilakukan desainer Indonesia tersebut tentunya bukan hal mudah. Semua orang tau, Beetle merupakan ikon merek Volkswagen yang legendaris. Sepanjang sepak terjangnya, VW Beetle sudah terjual sebanyak 23 juta di seluruh dunia, termasuk 6 juta di Amerika Serikat. (mobil.otomotifnet.com)
 
Referensi Internet Copyright © 2009 Designed by lukman efendi